Breaking News

Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya

Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya-Perkembangan tekhnologi khususnya internet pada saat ini begitu pesat, kemudahan dalam mengakses internet bisa kita dapatkan kapan saja dan dimana saja, kita bisa menggunakan telpon seluler ataupun komputer di warnet (warung internet) yang saat ini bisa dengan mudah kita temukan dimana saja bahkan sampai kepelosok- pelosok sekalipun.
   Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya
Perkembangan tekhnologi internet yang semakin pesat menjadi pemicu lahirnya beragam aplikasi yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi yang nyawanya sepenuhnya adalah internet, hal ini membuat hampir disetiap sela-sela aktivitas kita tak pernah putus dari internet, bahkan dalam keadaan sibuk sekalipun akses internet dibiarkan tetap terhubung untuk mengkoneksikan aplikasi tersebut, beralihnya kegiatan komunikasi pada aplikasi yang nyawanya internet tersebut alasannya hampir sama yaitu lebih menyenangkan karena bisa mengirim pesan tidak hanya berupa text saja tapi juga bisa menyisipkan Foto, Vidio atau file multimedia lainnya, selain itu berkomunikasi menjadi lebih ekonomis dibanding menggunakan sms atau nelpon seperti biasanya.


Hampir semua orang kini sudah mengenal dan mepergunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari itu artinya internet bukanlah sesuatu yang baru yang fungsi maupun pengertiannya belum banyak yang tahu, tapi tidak ada salahnya juga jika pada kesempatan ini saya menulis Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya karena mungkin saja diantara kita ada yang belum mengetahui meskipun sudah lama menggunakannya, lalu apa pengertian internet? Silahkan anda simak penjelasannya dibawah ini!

Internet istilah yang sesungguhnya adalah Interconnected network yang entah mengapa lebih populer disebut internet, menurut saya mungkin karena lebih mudah dalam mengucapkannya? yang jelas kata internet tersebut adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu Inter dan net yang artinya Inter adalahantar dan net adalah jaringan jadi internet dapat diartikan sebagai antar jaringan, sedangkan dalam arti yang lebih luas internet dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan antar PC ( Personal Computer ) dengan komputer lainnya dirumah-rumah, diperusahaan , maupun lembaga pemerintah, Internet bersifat global jaringan-jaringannya terhubung diseluruh dunia.

Lalu apa Pengertian Intranet dan apa perbedaannya dengan internet?

Pengertian intranet sengaja saya tuliskan juga pada pembahasan kali ini agar diketahui jika terdapat perbedaan koneksi antara internet dengan intranet karena jujur saja sebelum mengetahuinya saya mengira jika intranet adalah istilah lain dari internet, setelah mengetahui perbedaannya barulah saya mengerti jika internet dan intranet itu ada perbedaan dalam hal koneksinya, berdasarkan pengalaman itu saya rasa perlu juga untuk menuliskan pengertian dari intranet pada pembahasan kali ini karena mungkin saja ada diantara anda yang berpikiran seperti saya dan mengira jika intranet adalah istilah lain dari internet, lalu apa itu intranet? Ini dia penjelasannya!

Intranet adalah jaringan komputer khusus yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu organisasi atau perusahaan yang membentuk lingkungan seperti internet tetapi bersifat privat karena hanya diperuntukan bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan, dalam jaringannya intranet dilengkapi dengan pengaman sehingga hanya komputer yang memiliki izin saja saja yang dapat terhubung ke intranet, dengan kata lain Intranet adalah jaringan yang bersifat lokal.

Itulah pengertian dari internet dan intranet serta perbedaan diantara keduanya.

Selanjutnya adalah istilah-istilah dalam internet yang akan saya bahas pada artikel Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya secara singkat karena istilah-istilah ini akan sering sekali ditemukan oleh pengguna internet, sebagian mungkin kita sudah faham artinya karena lebih sering kita lakukan seperti aktifitas Download dan Upload, namun mungkin masih banyak istilah lainnya yang belum anda ketahui dan sebagai tambahan informasi untuk anda, saya sediakan list dan sedikit penjelasannya dibawah ini.

1. http adalah kependekan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan bagian dari URL yang dapat menidentifikasi lokasi web.

2. URL adalah kependekan dari Universal Resource Locator merupakan alamat yan mengacu pada sebuah tempat tertentu di internet.

3. www adalah kependekan dari World Wide Web merupakan kumpulan penyedia layanan web diseluruh dunia yang menyediakan data yang bisa digunakan bersama-sama.

4. Browser merupakan aplikasi untuk berselancar mencari berbagai informasi diinternet.

5. Download adalah kegiatan mengambil data dari internet kedalam komputer atau telpon seluler.

6. Upload adalah kegiatan penyalinan data dari komputer atau telpon seluler keinternet.

7. Server merupakan komputer diinternet yang berfungsi menyediakan file-file dan layanan kepada klien.

8. TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan kumpulan metode-metode untuk menghubungi server.

9. Web Sites merupakan penyedia informasi tertentu.

10. Alamat IP adalah alamat yang berfungsi sebagai identitas komputer dalam jaringan TCP/IP.

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lainnya dalam internet yang belum saya sebutkan pada kesempatan ini, anda bisa mencari istilah lainnya diinternet jika informasi yang anda butuhkan belum terdapat dalam list ini!

Demikianlah artikel Pengertian Internet, Intranet dan Istilah-istilah Didalamnya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini semoga bermanfaat, amin!

No comments