Breaking News

Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Payudara Secara Alami

Ada banyak organ penting yang perlu kita jaga kesehatannya, karena jika kita tidak menjaga kesehatan dari organ penting tersebut tentu akan membuat tubuh kita mudah terserang suatu penyakit yang berbahaya, salah satunya seperti kanker dan juga tumor. Untuk bisa menjaga kesehatan beberapa organ tubuh kita, bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan makan makanan bergizi dan melakukan olahraga teratur setiap harinya.

 
Salah satu organ yang penting dan patut kita jaga kesehatannya terutama bagi wanita adalah payudara. Payudara begitu penting karena berfungsi sebagai tempat nutrisi bagi bayi ketika menyusui, masih banyak fungsi payudara lainnya bagi tubuh seorang wanita, dan tanpa adanya payudara pada tubuh seorang wanita maka akan terasa tidak lengkap.
Dan untuk itu seorang wanita perlu menjaga kesehatan payudara mereka agar dapat terhindar dari beragam bentuk penyakit payudara yang berbahaya, salah satu penyakit payudara yang berbahaya dan cukup mematikan adalah kanker payudara. Penyakit kanker payudara merupakan penyakit mematikan kedua setelah kanker serviks bagi seluruh wanita yang ada di dunia.

cara terbaik menjaga kesehatan payudara secara alami
cara menyehatkan payudara
Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal, oleh sebab itu anda perlu menjaga kesehatan payudara anda agar dapat menghindari penyakit mematikan tersebut. Apa saja cara yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan payudara anda ?, 

Berikut adalah berbagai cara alami untuk menjaga kesehatan payudara

Menyehatkan payudara dengan menyusui
Cara pertama yang bisa anda coba untuk bisa menjaga kesehatan payudara anda adalah, dengan cara menyusui. Hal ini tentu saja hanya bisa dilakukan bagi para wanita yang telah memiliki seorang bayi, dengan menyusui maka seorang wanita depat terhindar dari beragam bentuk penyakit payudara salah satunya adalah kanker payudara.
Banyak yang mengira kalau dengan menyusui maka keindahan dari payudara akan menurun dimana payudara akan tidak kencang lagi. Sebenarnya payudara yang tidak kencang ini bukanlah disebabkan karena menyusui, melainkan disebabkan oleh hormon yang berubah saat anda sedang hamil. Saat anda sedang hamil maka kandungan kolagen kulit akan menurun sehingga membuat payudara anda mengendur dan tidak kencang lagi.
Jadi bisa disimpulkan bahwa menyusui tidak ada hubungannya dengan keindahan payudara, sebaliknya saat anda menyusui bayi anda, anda akan membantu bayi anda tumbuh dan berkembang dengan sehat, hal ini disebabkan karena, seorang bayi yang mengonsumsi air susu ibu selama dua tahun akan memiliki tingkat kecerdasan dan kekebalan tubuh yang tinggi, jadi dengan menyusui bukan hanya anda saja yang akan sehat tapi bayi anda pun mendapat manfaat kesehatan yang sama.
Menyehatkan payudara dengan menggunakan bra yang sesuai
Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan payudara anda adalah, dengan menggunakan Bra yang sesuai dengan ukuran payudara anda. dengan menggunakan bra yang sesuai maka payudara tidak akan merasa sesak dan tertekan, sehingga mebuat payudara seolah-olah tidak dapat bernafas dengan lancar.
Hal ini tentunya akan cukup membahayakan karena jika payudara anda merasa tertekan saat menggunakan bra yang tidak sesuai, maka sel-sel yang ada di dalam payudara terganggu saat merasa tertekan dengan ukuran bra yang tidak sesuai.
Jika sel-sel yang ada di dalam payudara terganggu maka akan hadir sebuah sel abnormal yang nantinya akan membuat payudara anda, terserang penyakit kanker payudara. Oleh karena itu mulai sekarang sesuaikanlah ukuran bra yang anda gunakan untuk payudara anda, agar payudara anda tidak tertekan lagi dan dapat terhindar dari serangan penyakit kanker payudara.
Menyehatkan payudara dengan mengistirahatkannya
Cara lainnya yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan payudara anda adalah, dengan sejenak mengistirahatkan payudara anda. apa maksud dari mengistirahatkan payudara ?, maksud dari mengistirahatkan payudara adalah dengan memberi waktu istirahat payudara agar bisa merasa lega setelah memakai bra untuk menekan payudara setiap harinya.
Oleh karena itu disaat istirahat atau sedang tidur, anda harus melepaskan bra anda, hal ini dikarenakan jika anda tidak melepaskan bra anda saat tidur maka payudara akan sulit untuk merasa lega, karena terus ditekan oleh bra setiap harinya oleh.oleh karena itu lepaskanlah bra anda saat sedang tidur atau istirahat, agar dapat menjaga kesehatan payudara anda.
Saat kita sedang tidur dan istirahat, maka akan cukup mudah untuk melancarkan aliran darah menuju payudara, namun jika payudara ditekan dengan bra saat anda sedang tidur, maka aliran darah menuju payudara akan terhambat sehingga membuat payudara kita mudah terserang penyakit. Dengan aliran darah menuju payudara, maka payudara akan tetap sehat dan karena itulah melepaskan bra anda saat tidur sangat penting bagi kesehatan payudara anda.
Menyehatkan payudara dengan menjaganya dari benturan
Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan payudara anda adalah, dengan menajga payudara anda agar tidak terkena benturan. Anda sebagai seorang wanita sebaiknya tidak menyepelekan benturan kecil yang mengenai payudara anda, karena benturan-benturan kecil pada payudara dapat menimbulkan penggumpalan darah dan membuat sel abnormal pada payudara, yang nantinya akan membuat anda terserang penyakit kanker payudara.
Jangan sampai payudara anda terbentur benda yang kecil maupun keras, karena jika payudara anda sering terkena benturan, maka payudara anda tidak akan terajga kesehatannya, dan malah akan membuat anda mudah terserang penyakit payudara yakni kanker payudara. Oleh karena itu anda patut waspada dengan benda yang ada disekitar anda, dan berhati-hati agar payudara anda bisa terhindar dari benturan ringan maupun berat dari benda yang berada disekitar anda.
Menyehatkan payudara dengan makan makanan yang sehat
Cara terakhir yang bisa anda coba untuk dapat menjaga kesehatan payudara anda adalah, dengan melakukan kegiatan sehat yakni makan makanan yang sehat, dan menghindari makanan atau minuman yang tidak menyehatkan  tubuh. Ketika anda memasak sebuah makanan maka anda perlu menghindari penggunaan penyedap rasa, karena penyedap rasa tidak baik untuk kesehatan payudara.
Beberapa jenis makanan yang patut anda coba untu menjaga kesehatan payudara anda adalah, beberapa makanan bergizi yang banyak mengandung vitamin. Contoh makanan yang mengandung vitamin adalah makanan yang berserat tinggi salah satunya buah, dan jenis buah yang wajib anda konsumsi untuk menjaga kesehatan payudara anda adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi, salah satunya jeruk dan belimbing.
Anda juga perlu menghindari makanan yang tinggi akan lemak, hal ini dikarenakan makanan berlemak biasanya akan membuat berat badan kita terus bertambah. Berat badan yang tinggi dapat membuat anda beresiko terkena penyakit kanker payudara, nah oleh sebab itu hindarilah makanan berlemak yang dapat menambah berat badan anda agar payudara anda tetap terajga kesehatannya.
Untuk bisa menjaga kesehatan payudara anda, maka anda juga perlu menghindari konsumsi alkohol apalagi secara berlebih. Alkohol memang telah menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit, terutama penyakit kanker payudara.
Ini disebabkan karena seorang wanita yang meminum alkohol maka akan membuat hormon mereka tak seimbang, dan karena hormon yang tak seimbang inilah yang akan membuat seorang wanita terserang beragam bentuk penyakit salah satunya adalah kanker payudara.
Sekian pembahasan hari ini mengenai cara terbaik menjaga kesehatan payudara secara alami, semoga bermanfaat untuk kita semua dan jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan silahkan berkomentar di bawah.

No comments