Breaking News

21 Aplikasi Edit Video Untuk Windows (PC)

Saat ini sudah banyak sekali jenis dan produk gadget yang memberikan fasilitas perekaman video yang berkualitas tinggi dan luar biasa.



Anda harus memanfaatkan fasilitas canggih ini, Anda bisa merekam berbagai kejadian yang spesial, unik, lucu, menakjubkan dan hal-hal hebat lainnya. Dengan video-video tersebut bisa menjadi modal bagi Anda untuk menjadi YouTuber.

Anda juga bisa membuat video vlog yang sudah banyak contoh videonya di Youtube. Agar video vlog bagus maka perlu diedit menggunakan aplikasi edit video.

Berbagai karya video situs Youtube terlihat sederhana namun sangat menarik untuk ditonton. Hanya saja menjadi YouTuber itu perlu persiapan matang.

Selain Anda perlu menyiapkan gadget atau smartphone untuk merekam, Anda kamu perlu memiliki software mengedit video yang bagus, sehingga bisa menjadikan video yang Anda buat akan sangat menarik dan bagus untuk ditonton orang-orang.

Berikut Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk PC:

1. Avidemux



Software Avidemux
Software Avidemux | Sumber gambar: Wikipedia.org

Avidemux merupakan aplikasi edit video gratis untuk Windows, Linux dan Mac OS, yang didesain secara sederhana, dan penggunaannya simple. Dengannya Anda bisa memotong video, memfilter, dan mengelola tugas pengkodean.

Berdasarkan review dari Techradar.com, menyebutkan bahwa Avidemux memiliki antarmuka yang sederhana, dimana tidak terdapat kolam pusat untuk mengimpor klip video, gambar dan file audio, serta tidak terdapat garis waktu dengan banyak trek.

Dengan tidak adanya hal-hal tersebut sehingga bisa dikatakan Avidemux ini apa adanya. Namun, sebagai program mengedit video sederhana, software ini sangat baik. Membuat kliping video sangat mudah, mengeditnya dari awal hingga akhir.

Hal-hal lainnya yang mudah dilakukan yaitu memotong, menyalin menghapus bagian video, dan menambahkan satu klip ke klip lainnya (hanya saja tidak ada ketersediaan transisi dan alat menghapus yang mencolok.

Meski tidak segera terlihat jelas, Anda bisa memilih track audio (hingga), dengan mengkonfigurasikan masing-masingnya, serta melakukan remix untuk pengaturan speaker yang berbeda.

Techradar.com menyebutkan Avidemux sebagai aplikasi edit video yang sangat mengesankan. Apabila Anda memiliki video untuk dikodekan atau dikonfigurasi untuk setup speaker tertentu, maka Avidemux pilihan yang cocok.

Avidemux pilihan bagus bagi Anda ingin aplikasi edit video yang sangat sederhana.

Kelebihannya yaitu:
  • Memiliki tampilan antarmuka yang bersih dan nyaman dilihat.
  • Opsi pengkodean yang bagus.
  • Fitur untuk mempertajam gambar video dan filter de-noising.

Kekurangannya yaitu:
  • Tidak ada garis waktu untuk mempermudah pengeditan.
  • Tidak ada efek kreatif atau transisi.

Adapun review dari Pcworld.com menyebutkan bahwa Avidemux adalah aplikasi gratis yang menawarkan pengeditan video secara mudah, ditambah pengkodean ke sejumlah format yang berbeda.

Avidemux melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk transcoding ke MPEG-4, MPEG-2, MPEG-2, Sorenson Spark dan lainnya dengan audio AAC, MP3 dan PCM

Kelebihannya:
  • Mudah digunakan
  • Tidak perlu dikodekan ulang

Kekuragannya:
  • Membutuhkan banyak pengetahuan untuk menggunakan beberapa fitur

Untuk Anda pengguna Windows, download Avidemux di Web Sourceforge.net

Download Avidemux untuk Linux dan Mac OS di Web Free.fr

2. Windows Movie Maker

Software Windows Movie Maker
Windows Movie Maker | Sumber gambar: Softonic.com

Windows Movie Maker adalah aplikasi edit video yang khusus buatan perusahaan Microsoft, sehingga ini adalah aplikasi edit video gratis untuk Windows saja, baik itu windows 10, windows 8, windows 7, dan versi dibawahnya.

Fitur-fitur di dalamnya adalah yang sangat dasar untuk edit video, dengan Windows Movie Maker Anda hanya bisa memberikan beberapa sentuhan sederhana saja.

Bisa dikatakan fitur-fiturnya terbatas, namun kemudahan dalam penggunaanya sangat cocok untuk para pemula yang ingin mengedit video.

Pcmag.com menyebutkan Windows Movie Maker menggunakan versi sederhana dari timeline video editornya. Saat mengedit nantinya terdapat trek thumbnail yang menunjukkan bentuk gelombang audio (di bagian bawah), sehingga Anda bisa melihat dimana bagian video yang audionya keras dan tenang.

Terdapat fitur zoom, sehingga saat mengedit Anda bisa memperbesar representasi klip video. Anda bisa dengan mudah memangkas, memotong atau membagi-bagi bagian tertentu dari video (yang diedit).

Pada Windows Movie Maker terdapat fasilitas menjalankan video, disana terdapat tombol kontrol seperti play, pause, melangkah mundur atau maju satu bingkai.

Hal yang bagus dari Windows Movie Maker yaitu terdapat banyak efek, transisi, dan pratinjau tema. Kelebihan lainnya tedapat tombol undo dan redo saat mengedit video.

Cara termudah membuat film digital di Movie Maker yaitu hanya dengan menambahkan klip milik Anda ke “garis waktu” di aplikasi, kemudian Anda bisa memilih salah satu dari tujuh Tema default AutoMovie yaitu Contemporary, Cinematic, Fade, Pan and Zoom, Hitam-Putih, dan Sepia.

Terdapat fasilitas kontrol pencahayaan yang ditemukan di bawah menu Visual Effects. Terdapat kontrol kecerahan dan kontrol kontras video.

Terdapat fitur perbaikan rotasi, dimana betapa banyak dari kita yang merekam video dengan ponsel dalam posisi yang kurang benar, maka fitur perbaikan rotasi bisa membantu untuk mengatasi permasalahan ini.

Sebagai produk editing film / video gratis, Movie Maker menawarkan banyak efek transisi, dan banyak dari mereka yang berkualitas tinggi.

Kumpulan efek lainnya yang tedapat di bawah tab Visual Effects, seperti Blur, Edge Detection (untuk tampilan sketsa), Posterize, dan Threshold. Fitur-fitur lainnya yaitu 360 spin dan warp.

Pcmag.com menyebutkan kelebihan Windows Movie Maker yaitu sangat mudah digunakan dalam mengedit video, tedapat fitur stabilisasi, fitur transisi, fitur auto preview efek, fitur Voiceovers dan fitur audio lainnya.

Adapun kekurangannya yaitu tidak ada penyesuaian kontras atau saturasi, dan efek tidak bisa diatur.

Sebagai kesimpulan, Pcmag.com menyebutkan bahwa Windows Movie Maker merupakan cara yang paling sederhana untuk menggabungkan klip video Anda menjadi sebuah film digital yang bagus.

Download software Windows Movie Maker di web Windows-movie-maker.org

3. Camtasia

Camtasia

Camtasia adalah aplikasi edit video yang kaya akan fitur, penggunaannya juga didesain agar semudah mungkin, untuk para pemula software ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Camtasia bisa digunakan di sistem operasi Windows dan Mac OS. Dengannya, Anda juga bisa merekam layar komputer, yang kemudian bisa Anda edit dengan mudah secara langsung.

Pcworld.com menyebutkan bahwa Camtasia semakin dioptimalkan untuk video berdefinisi tinggi, dan hingga saat ini bisa merekam 30 frame per detik.

Dengan tampilan Antarmuka yang multi-track baru, bias mengimpor video dari sumber lain, MP4, MPG, MPEG, WMV, MOV, AVI, SWF, BMP, PNG, GIF, JPG, WAV, MP3, WMA dan Zipped.

Dari situs resminya, Camtasia memiliki berbagai fitur yang menawan. Dalam proses pengeditan terdapat garis waktu yang multi-track, Anda bisa membagi klip menjadi dua, menghapus sebagian klip, ataupun menghapusnya seluruhnya. Anda juga bisa menambahkan audio, foto, narasi, dan lainnya dengan mudah.

Anda bisa menambahkan efek video khusus, Anda juga dapat memasukan pada video berupa teks, gambar, atau ikon Anda sendiri dengan mudah.

Anda bisa mengedit pada resolusi sampai dengan 4K, untuk video yang jernih dengan berbagai ukuran. Camtasia memanfaatkan sepenuhnya prosesor komputer dengan kinerja 64-bit. Anda akan mendapatkan waktu rendering yang cepat dan juga kestabilan.

Fitur-fitur lainnya:
  1. Fitur ikon, Anda bisa memilih ratusan ikon yang tersedia.
  2. Anda bisa menggunakan kamera web yang terintegrasi dengan software. Adanya Webcam untuk menambahkan sentuhan pribadi Anda ke video.
  3. Fitur latar belakang animasi.
  4. Anda bisa mengmpor gambar, audio, dan video hingga resolusi 4K.
  5. Anda bisa memasukan efek visual, menyesuaikan warna, tambahkan drop shadow, mengubah kecepatan klipnya, dan yang lainnya.
  6. Fitur grafis gerak, slide intro, dan banyak lagi sehingga Anda bisa memulai dengan cepat.
  7. Terdapat fasilitas untuk merekam layar.
  8. Multi-track timeline, sehingga Anda bisa membangun video Anda lebih cepat dengan beberapa trek untuk gambar, video, teks, dan audio.
  9. Fitur transisi, dimana anda bisa menambahkan intro / outro ke awal atau akhir klip, gambar, bentuk, atau teks.
  10. Fitur animasi, Anda bisa melakukan zoom, pan, atau membuat efek gerak khusus Anda sendiri.
  11. Fitur narasi suara.

Software Camtasia ini banyak digunakan oleh para profesional, Anda bisa menggunakannya untuk hal-hal yang besar seperti membuat video promosi, video tutorial, hingga video interaktif pendidikan.

Hanya saja, Camtasia adalah software berbayar, pengembang hanya memberikan 30 hari trial untuk penggunaan gratis. Situs resminya di web Techsmith.com

4. HitFilm Express

HitFilm Express

HitFilm Express adalah software edit video gratis terbaik, dimana di dalamnya terdapat banyak sekali fitur untuk mengedit video, support untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Techradar.com menyebutkan bahwa HitFilm Express adalah alat pengeditan video tingkat profesional yang diberikan secara gratis (dan beberapa fitur tambahan lainnya untuk versi berbayarnya).

Software HitFilm Express dikembangkan oleh FXHOME. Di dalamnya tersedia fitur filter dan efek khusus, serta pilihan alat komposisi 2D dan 3D.

Hal yang hebat, bahwa Techradar.com menyebut HitFilm Express ini cocok sebagai aplikasi edit video untuk vloggers.

HitFilm Express dikemas sebagai alat kualitas profesional, termasuk:
  1. Menandai efek layar hijau
  2. Dukungan video 3D
  3. Tool pemotong tingkat lanjut
  4. Alat pengomposisian
  5. Filter audio dan video
  6. Fitur layers dan masking

Untuk menguasai penggunaan software HitFilm Express, Anda bisa berlatih untuk bereksperimen dengan efek, dropping klip ke garis waktu, dan mencoba tool komposisi. Fitur dan kemampuan yang ditawarkan sangat mengesankan, termasuk fitur pilihan animasi yang berkualitas.

Techradar.com menyimpulkan HitFilm Express sebagai Editor video gratis yang benar-benar luar biasa, yang memberikan hasil menakjubkan.

Adapun kekurangan dari software ini adalah memberikan persyaratan sistem perangkat yang cukup tinggi.

Download software HitFilm Express di Hitfilm.com

Jika Anda tidak bisa mendownload, maka cobalah untuk mematikan adblocker.

5. Pinnacle Studio
Pinnacle Studio merupakan software edit video berbayar, yang masih memumpuni bagi Anda yang suka share (upload) video ke Youtube. Software ini bisa digunakan oleh para YouTuber untuk membuat video bekualitas.

Pcmag.com menyebutkan bahwa Pinnacle Studio 20 Ultimate merupakan alat pengeditan video yang mengesankan.

Pada tempat pengeditan, Anda akan menemuka fungsi tombol seperti split, add marker, mode trim, multi-cam editor, dan audio ducking.

Terdapat pilihan transisi yang sangat lengkap, yang dikelompokkan sebagai 2D-3D, Artistic, Alpha Magic, dan banyak lagi.

Pinnacle Studio memungkinkan Anda bekerja dengan video 360 derajat, mulai dari kamera seperti Kodak Pixpro SP360 4K dan Samsung Gear 360.

Anda bisa melakukan beberapa pengeditan dasar sembari mempertahankan aspek 360 derajat, atau bisa mengubah 360 menjadi standar.

Anda bisa secara bersamaan mengedit beberapa klip dari peristiwa yang sama dengan sudut yang berbeda. Pada versi standar memungkinkan dua sudut kamera, versi Plus memungkinkan empat sudut kamera, dan Ultimate memberi Anda enam.

Alat ini melakukan pekerjaan yang baik untuk menyelaraskan klip menggunakan trek audio mereka.

Fitur Stop Motion adalah salah satu jenis animasi yang paling menarik. Kemudian, Pinnacle mengklaim menyediakan lebih dari 2.000 efek, ini adalah jumlah yang sangat besar.

Fasulitas “Tab Sound Effects” menawarkan banyak klip suara, mulai dari suara kicau burung, kendaraan hingga angin kencang.

Terdapat tool pembersih audio seperti Speech De-esser (untuk menghilangkan sibilance) dan tool peredam suara.

Pcmag.com menyebutkan beberapa kelebihan Pinnacle Studio yaitu: Dapat mengedit konten VR 360 derajat. Performa rendering yang cepat. Pengeditan multi-cam. Dukungan 4K dan H.265. Fitur efek. Alat audio yang bagus. Pilihan output solid.

Adapun kelemahannya yaitu ditemukan beberapa keanehan pada tampilan interface.

Kunjungi situs resmi software Pinnacle Studio di Pinnaclesys.com

6. AVS Video Editor
AVS Video Editor adalah salah satu aplikasi edit video terbaik untuk PC, ini merupakan aplikasi berbayar.

Mempunyai fitur yang sangat lengkap dan canggih. Salah satu keunggulannya yaitu penggunaan teknologi video cache sehingga proses pengeditan video Full-HD bisa lebih cepat.

Pada proses pengeditan video, terdapat opsi Timeline yang bisa memisahkan video, efek, teks, dan audio. Proses pengeditan dipermudah dengan adanya metode timeline ini, Anda bisa memisah atau menyuntingnya satu persatu.

Anda bisa melakukan trimming, pemotongan, ataupun penggabungan beberapa efek. Selain itu, terdapat 300 efek video atau transisi. Dengannya, juga bisa melakukan pemindahan video.

Secara instan, disertakan beberapa efek yang dapat secara langsung digunakan. Selain itu, terdapat fasilitas untuk merekam segala aktivitas yang dilakukan di PC, nantinya hasil recording bisa disimpan format FLV, WMV, dan AVI.

Kunjungi situs resmi software AVS Video Editor di Avs4you.com

7. VirtualDub
VirtualDub adalah aplikasi edit video windows yang bisa digunakan secara gratis. Software ini sangat sederhana, serta memiliki fitur untuk merekam gambar yang ada di layar komputer. Anda bisa menyimpan hasil videonya dalam format AVI.

Dengan VirtualDub, Anda bisa menghapus dan mengganti audio dari video yang diinginkan, selain itu terdapat fitur untuk memberikan efek blur, sharpen, dan banyak lainnya.

Pcworld.com menyebut VirtualDub (versi 32-bit) sebagai aplikasi yang bagus untuk pengolah video. VirtualDub bersifat open source gratis. Ini adalah alat yang sangat bagus untuk membersihkan dan memangkas video, terutama jika Anda ingin menggunakannya bersamaan dengan program pengeditan video berfitur lengkap.

Dengannya, Anda bisa memangkas video, memampatkannya, menghapus, mengganti track audio tanpa mengubah video, menggunakan filter untuk mempertajam dan mengaburkan gambar video, menghapus frame individu, dan banyak lagi fitur lainnya.

Download software VirtualDub gratis di Sourceforge.net

8. Blender
Blender adalah software untuk membuat animasi 3D yang bersifat open source dan gratis, support pada semua sistem operasi utama di bawah GNU General Public License.

Software Blender mempunyai beberapa fitur canggih seperti alat untuk membuat animasi karakter yang hebat, alat pemodelan berbasis modifier, dan lainnya.

Terdapat banyak fitur di dalamnya yaitu rendering, modeling, texturing, non-linear editing, compositing, UV unwrapping, rigging, water simulations, animating, skinning, particle, dan simulations, dan membuat interactive 3D applications, termasuk games.

Dengan software ini Anda bisa membuat animasi, membuat desain, membuat simulasi, hingga membuat video film dalam bentuk 3D.

Situs resmi software Blender di Blender.org

9. Wax
Wax adalah software mengedit video yang memiliki berkinerja tinggi dan fleksibel, yang bagus untuk pengguna rumahan maupun profesional. Namun, fungsi pengeditan videonya terbatas.

Kemampuannya yaitu bisa membuat dan mengatur video, baik berbentuk 2D maupun 3D mendapatkan support dari program ini, selain itu terdapat fitur efek visual.

Fitur-fitur lainnya yaitu mengatur tingkat shape, ketajaman gambar pada video sedang diedit, melakukan rotate pada gambar di video, membuat efek ledakan, mengatur urutan klip video sesuai yang diinginkan, mengatur tekstur gambar di video, mengatur pencahayaan, mengatur warna, membuat efek alam seperti asap, hujan, kebakaran, dan lain-lain.

Pada software Wax menyediakan fitur efek khusus 2D & 3D yang dapat bekerja dalam dua mode. Untuk fitur dasar, Anda bisa menghapus, memindahkan, memasukan video dan lainnya, serta memasukan efek ke media seperti preset transisi.

Preset transisi tersebut diantaranya seperti model 3D, bola, kubus, silinder, spin, bar, lingkaran, slide, split, dll. Fitur lainnya yaitu mengatur frame pada video yang diedit.

Situs resmi software Wax di Debugmode.com

10. VSDC Video Editor
VSDC Video Editor adalah software gratis mengedit video, di dalamnya tersedia fitur berupa efek transisi, lapisan, efek transisi, berbagai macam filter dan kemampuan koreksi warna.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya yaitu:
  1. Terdapat tampilan timeline agar mengedit video lebih mudah dan cepat.
  2. Preview yang berjalan secara real time.
  3. Memberikan efek transisi
  4. Memberikan efek pada video.
  5. Mengatur efek untuk audionya.
  6. Melakukan pengeditan video dengan memecah, menggabungkan, memotong, dan lainnya.
  7. Untuk jenis ukuran video, Anda bisa membuat dan mengedit video dengan mulai dari resolusi 200 x 280 pixel hingga resolusi 1920 x 1080.  
  8. Format yang mendapat support yaitu AVI, MP4, MKV, 3GP, MPG, WMV, FLV untuk video. 
  9. Untuk audionya mendukung format MP3, WAV, FLAC, AMR, WMA, PCM, OGG, AAC, M4A. 
  10. Untuk format gambar support BMP, JPG, PNG, PSD, ICO, TIFF.
  11. Mengkonversi video ke format seperti FLV, AVI, MOV, WMV dan MKV.
  12. Anda bisa membuat ataupun mengedit video yang berkualitas HD.

Situs resmi software VSDC Video Editor di Videosoftdev.com

11. Ezvid
Ezvid adalah software gratis untuk membuat video atau mengeditnya, serta bisa digunakan dengan mudah untuk membuat video slideshow. Terdapat berbagai audio yang telah disiapkan disana, bisa digunakan secara bebas.

Fitur-fiturnya, yaitu menambahkan teks pada video menambahkan slide teks terbatas, mengatur font dan warnanya. Software Ezvid juga bisa digunakan untuk merekam aktifitas di layar.

Anda bisa membuat tayangan slide, dan banyak fitur lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut dibawah ini fitur-fitur software Ezvid:
  1. Membuat video dari beberapa klip foto yang dimasukan.
  2. Memasukan audio dan teks ke video yang sedang diedit.
  3. Mengatur kecepatan frame video.
  4. Mengatur waktu dari setiap frame.
  5. Melakukan zoom in dan zoom out pada frame video.
  6. Duplikasi frame dengan cara yang sangat mudah.
  7. Memecah sebuah frame menjadi 2 bagian.
  8. Merekam video dari layar desktop.

Download software Ezvid di Soft112.com

12. VideoLAN Movie Creator
VideoLAN Movie Creator merupakan software gratis untuk edit video, bisa digunakan pada OS Windows. Dengannya, Anda bisa mengedit video dengan dari frame ke frame.

Video editor ini mampu membaca banyak format, selain itu terdapat fasilitas drag and drop sehingga sangat memudahkan. Anda bisa memasukan berbagai efek ke dalam video yang diedit.

VideoLAN Movie Creator dapat bekerja dengan gambar, video dan audio. Download VideoLAN Movie di Videolan.org

13. Windows Live Movie Maker
Windows Live Movie Maker adalah aplikasi edit video khusus untuk sistem operasi Windows, bisa digunakan untuk mengubah file video, gambar, maupun audio, di dalamnya terdapat berbagai fitur yang berguna untuk mengedit video.

Anda bisa dengan mudah mengubah video berdurasi singkat menjadi film atau klip-klip sesuai yang diinginkan.

Windows Live Movie Maker memiliki teknologi AutoMovie, fitur efek transisi, memasukan efek visual. Pada video yang diedit, Anda bisa menambahkan teks, mengatur transisi, memberikan efek, dan banyak lainnya.

Pada Windows Live Movie Maker juga terdapat fitur Face Effects, agar hasil kreasi bisa terlihat layaknya sebuah film atau dokumenter yang diedit oleh para editor professional dunia. Selain itu dilengkapi fitur untuk mengatur kecepatan video.

Download software Windows Live Movie Maker di Windows.microsoft.com


14. Lightworks
Software edit video gratis ini katanya banyak digunakan oleh para profesional untuk menggarap film. Anda dapat menggunakan Lightworks untuk keperluan editing, yang bisa disinergikan dengan aplikasi Avid dan Final Cut Pro.

Anda mengintegrasi sejumlah efek seperti Combustion, GenArts Sapphire, atau bahkan After Effects.

Pada software Lightworks, Anda bisa pemotongan video, mencampur video yang satu dengan video lainnya, video trimming, hingga menghilangkan backgound video lalu menukarnya dengan background lainnya.

Masih banyak fitur lainnya, yang jika diolah seorang profesional bisa menghasilkan karya film yang hebat. Anda bisa belajar lebih dalam lagi tentang lightworks karena tutorialnya banyak ditemukan di youtube.

Download software Lightworks di Lwks.com

15. ZS4 Video Editor
Sofware bisa digunakan untuk menggabungkan video dengan foto, Anda bisa memberikan efek ke dalamnya. Berikut fitur-fitur lainnya:
  1. Mengontrol otomatisasi penuh trek dan efek variabel, 
  2. Lintas integrasi secara penuh audio dan video.
  3. Sub-mixer untuk mengelompokkan video dan track audio.
  4. Mengganti background video seperti halnya mengganti background gambar di photoshop. 

Download software ZS4 Video Editor di Lo4d.com/download

16. MPEG Streamclip
MPEG Streamclip adalah software gratis, dengannya Anda bisa mengedit video dengan banyak format seperti MP4, AVI, MPEG, VOB, DAT, MOV, AC3 dan banyak lainnya. Anda bisa dengan mudah memilih skala video untuk setiap ukuran bingkai, yang menggunakan scaler 2D-FIR profesional.

Dengan MPEG streamclip, Anda bisa memodifikasi atau mengedit file video, serta menangkap satu frame dari file untuk dijadikan animasi GIF.

Anda bisa menghapus beberapa audio atau memperbaiki masalah timecode tertentu, mengubah video sesuai monitor komputer atau layar Anda. Dengannya Anda bisa membuat konten video dan membuat konversi video secara mudah,

Download software MPEG Streamclip di Squared5.com

17. VideoPad Video Editor
Ini adalah software edit video gratis yang menjadi favorit para pemula dalam belajar mengedit video. Fitur-fiturnya yaitu:
  1. Memecah-mecah bagian video.
  2. Menyelipkan video. 
  3. Menambahkan video. 
  4. Menggabungkan video.
  5. Memberikan record /  narasi pada video.
  6. Anda bisa merekam suara melalui microphone untuk video yang dibuat. 
  7. Membuat subtitle sendiri, 
  8. Membuat video slideshow dari foto-foto / gambar.
  9. Fitur video effect.
  10. Fitur audio effect.
  11. Fitur bact video editor.
  12. Fitur text to speech, yaitu tulisan menjadi suara, sehingga ketika Anda mengetik sebuah text, maka text tersebut akan menjadi suara.
  13. Suite, yaitu sebuah tambahan program yang berfungsi untuk mengedit audio, photo, dll.

Download software VideoPad Video Editor di Nchsoftware.com

18. Kate's Video Toolkit
Kate's Video Toolkit merupakan aplikasi video editor dasar yang memiliki fungsi untuk trimming, joining, transitions, hingga menambah sountract ke video.

Padanya, Anda bisa mengconvert, memotong, dan menggabungkan video. Anda bisa membuat video dengan fitur transition dan lainnya. Download software Kate's Video Toolkit Free di Informer.com

19. Davinci Resolve Studio
Davinci Resolve Studio adalah aplikasi video non-linear yang profesional dan gratis, software ini memiliki ukuran besar. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat berbagai seni video berkualitas.

DaVinci Resolve awalnya sebuah software Color Grading. Setelah software ini dibeli oleh Black Magic Design, software ini dikembangkan hingga saat ini sebuah aplikasi editing video yang full.

And bisa melakukan cutting, audio synching, dan memasukkan audio pada project. Pada bagian menu Color, Anda bisa memberikan warna pada footage.

Software ini memiliki banyak fitur yang tidak ditemukan di Windows Movie Maker dan iMovie. Software-software gratis seperti iMovie dan Windows Movie Maker memiliki banyak keterbatasan, sehingga seorang editor menjadi terkesan “dikebiri”.

Aplikasi ini bisa didownload gratis di Blackmagicdesign.com

20. Corel Video Studio 
Corel Video Studio adalah software edit video terbaik dan berbayar yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Corel. Di dalamnya terdapat fitur editing video yang sangat canggih, dan fitur-fiturnya sangat lengkap, hanya saja harga software ini juga lumayan mahal.

Situs resminya di Videostudiopro.com

21. Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro juga tidak diragukan lagi kemampuannya. Adobe Premiere Pro adalah salah satu software edit video terbaik. Software ini dikembangkan oleh Adobe.

Ini aslaah software berbayar, yang sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi, dan praktisi di bidangnya. Bagi para pemula kemungkinan akan merasakan kerumitan dalam menggunakannya, namun jika sudah terbiasa menggunakannya maka Anda bisa menelurkan karya video yang menakjbkan.

Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, maka nantinya kemmapuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyusun video event seperti pernikahan, showreel, video klip, film, video profil, dll.

Program Adobe Premiere ini bagian dari Adobe Creative Suite, yang sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing. Terdapat segudang fitur di dalamnya yang sangat canggih.

Situs resmi software Adobe Premiere Pro di Adobe.com

No comments