Breaking News

Selain Ekonomi, Haikal Bobol Situs Online untuk Unjuk Gigi


Jakarta - SH (19) alias Haikal berhasil membobol 4.600 situs online, termasuk milik Polri dan situs agen tiket online. Bukan hanya untuk mencari keuntungan, Haikal melakukan itu juga untuk unjuk gigi kepada juniornya.

"Tidak semuanya urusan ekonomi atau urusan mendapatkan penghasilan. Kebanyakan urusan unjuk kemampuan, unjuk jago, dia berhasil buka itu, dia tunjukkan kepada junior-juniornya dan merupakan kebanggaan bagi dirinya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2017).

Dia ditangkap Direktorat Siber Bareskrim Polri setelah membobol situs jual-beli tiket online PT Global Networking. Haikal merupakan 'bos' dari tiga orang pelaku pembobolan situs tiket.com yang ditangkap di Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

Uang yang terkumpul dari hasil pembobolan tersebut pun cukup fantastis, yaitu mencapai Rp 600 juta. Haikal, yang hanya lulusan SMP, belajar meretas situs secara otodidak dari internet.

Rikwanto mengatakan Haikal merekrut anak buahnya secara online melalui Facebook. Para pelaku memiliki hobi yang sama, yaitu bermain online game. Dari bermain online game itu, mereka memiliki ide yang sama, yaitu meretas situs.

"Lewat perkenalan FB. Kebetulan sama-sama gemar main game. Lalu tukar informasi dengan game. Mereka menjadi pemain game yang unggulan, kadangkala dapat uang dari permainan game tersebut. Dari situlah mereka akhirnya seide," ujarnya.

"Haikal merekrut mereka untuk meneruskan apa yang telah dia buka pintu-pintu situs untuk mencari keuntungan," sambung Rikwanto.

Akibat pembobolan tersebut, PT Global Networking mengalami kerugian lebih Rp 4 miliar. Kasus tersebut sebelumnya dilaporkan oleh PT Global Networking selaku pemilik situs tiket.com pada 11 November 2016.

Referensi :
http://www.detik.com/

No comments