Breaking News

Bill Gates, Si Jenius Penemu Microsoft


Siapa tak mengenal Bill Gates? Ia seorang pengusaha, penemu, pimpinan perusahaan, seorang kaya raya yang dermawan serta banyak lagi gelar yang melekat pada pria berkebangsaan Amerika Serikat ini. Bill Gates didaulat sebagai Penemu Microsoft, yakni sebuah program yang memungkinkan seseorang melakukan berbagai aktifitas di komputer. Pada perkembangannya, Microsoft ini kemudian menjadi nama perusahaan yang bergerak di bidang program komputer. Microsoft sendiri saat ini dikenal sebagai yang terbesar di dunia dan membawa kekayaan yang melimpah bagi Bill Gates dan semua punggawa di Perusahaan Microsoft. Meski demikian, harus juga diakui bahwa Gates memang terlahir di keluarga menengah ke atas. Kejeniusannya kemudian membawa ia sebagai orang yang selalu masuk dalam 5 besar orang terkaya di dunia.


Kehidupan Pribadi Gates

William Henry Gates III merupakan nama lengkap dari Bill Gates. Ia terlahir pada tanggal 28 Oktober tahun 1955 di Seatle Washington. Ayahnya bernama William H. Gates dan ibunya bernama Mary Maxwell Gates yang merupakan keturunan Inggris-Jerman-Skotlandia-Irlandia. Ayah Gates sendiri bekerja sebagai seorang pengacara sedangkan ibunya merupakan anggota dewan direktur dari First Interstate BancSystem dan United Way. Sementara itu kakek Gates (ayah dari ibunya) juga menempati posisi penting di Amerika Serikat, yakni sebagai presiden Bank Nasional. Bill Gates sendiri memiliki dua orang saudara bernama Kristianne dan Libby.

Riwayat pendidikan penemu Microsoft ini dimulai di sebuah sekolah bergengsi khusus untuk pria bernama Lakeside School di Seattle. Saat ia ada di kelas delapan, Gates sudah memperlihatkan ketertarikannya pada komputer. Saat itu sekolahnya membeli komputer bekas bernama 33 ASR dan juga komputer GE. Gates tertarik untuk memprogram sistem pada komputer GE. Ia bahkan memilih bolos pada kelas Matematika hanya untuk mengejar keinginannya. Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai nyairs sempurna. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas bergengsi di Amerika Serikat: Harvard University. Namun sayangnya, Gates tidak menyelesaikan sekolahnya hingga ia mendapat gelar sarjana. Namun, pengetahuan komputernya berkembang pesar sejak di Harvard.

Bagaimana Ia Menemukan Microsoft

Di awal mula karirnya, Bill Gates keluar dari Harvard dan bekerja bersama Paul Allen di MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems), sebuah perusahaan pencipta minicomputer terbaru. Kemitraan Gates-Allen dengan MITS disebut dengan nama “Micro-Soft”. Setahun kemudian nama tersebut dihapus dan pada tahun 1976, nama “Microsoft” pun didaftarkan di Kementrian Luar Negeri Mexico sebagai nama dagang. Dalam perkembangannya, Gates pun tak lagi kembali pada Harvard untuk menyelesaikan pendidikannya.

Pada awal karir, Gates memperkenalkan BASIC Microsoft. Namun sayangnya, salinan program ini telah bocor sehingga ia kemudian didistribusikan secara luas. Gates kemudian mengirimkan surat protes yang melarang keras MITS memproduksi dan mendistribusikan BASIC Microsoft tanpa memperoleh bayaran. Sayangnya, surat tersebut tidak digubris. Pada tahun 1976, kemitraan Microsoft dan Mits pun berakhir. Selanjutnya, Microsoft melanjutnya kemitraannya bersama dengan IBM yang menghaliskan apa yang dikenal dengan nama MS-DOS. Keberhasilan kemitraan ini kemudian mengantarkan Microsoft sebagai pemain utama di dalam industri komputer. Tahun-tahun berikutnya, Microsoft kemudian mengembangkan program Windows. Awalnya kemitraannya bersama IBM masih terjalin dengan mengembangkan OS/2. Namun karena adanya pernedaan pandangan, Microsoft kemudia mengakhiri kerjasamanya dengan IBM dan beralih pada pengembangan program Kernel Windows NT.

Selanjutnya, seperti yang kita lihat sekarang ini, perusahaan yang digawangi Gates dan sahabatnya Paul Allen menjadikan mereka sebagai trilyuner. Sementara itu, kehidupan pribadi sang penemu Microsoft ini juga berjalan baik. Ia menikah dengan seorang wanita bernama Melinda French. Mereka kemudian dikarunia anak bernama Jennifer Kathrine Gates, Rory John Gates, dan juga Phoebe Adele Gates. Keluarga ini hidup bergelimangan harta. Namun sisi dermawan Gates dan Istrinya membuat ia dikenal dunia sebagai seorang yang pemurah dan baik hati. Bahkan yayasannya yang bernama Bill & Melinda Gates Foundation menjadi yayasan transparan terbesar di dunia.

No comments