Breaking News

Awas! Hasil Pilpres 2019 "Bakal" Diacak-acak Hacker Internasional



Semua pihak yang berkepentingan dengan Pilpres 2019 harus memperkuat pertahanan sistem IT agar tidak bisa ditembus hacker. Hacker menyerang karena memanfaatkan kelemahan sistem. Sehingga serangam hacker asing bisa saja terjadi. Apalagi di manapun tak ada sistem IT yang sempurna, kelemahan selalu ada


Munculnya informasi ke ruang publik terkait dugaan masuknya hacker asing ke Indonesia harus menjadi peringatan dini bagi pemerintah dan rakyat Indonesia. Karena potensi Indonesia diserang hacker asing sangat terbuka. Apalagi serangan yang mereka sangat berbahaya bagi kedaulatan bangsa dan negara Indonesia. Para hacker itu juga berpotensi menimbulkan kekacauan pelaksanaan Pilpres 2019.

"Peringatan dini ini khususnya bagi pihak-pihak yang mempunyai kewajiban menjaga kedaulatan, keamanan dan ketertiban NKRI agar mencermati isu ini baik dari pihak BIN, BAIS, Mabes Porli, Badan Cyber Nasional atau Lembaga Sandi Negara," kata pengamat intelijen dari The Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA), Harits Abu Ulya seperti yang dikutip dilaman Harian Terbit, pada Rabu (29/9/2018).

Harits menuturkan, jangan sampai kehidupan sosial politik ekonomi dan keamanan Indonesia diacak-acak melalui serangan kejahatan cyber.Bahkan jika ini terkait dengan Pilpres 2019 maka masing-masing dari tim atau desk cyber dua calon capres-cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga untuk perlu dan wajib mewaspadai atas serangan kejahatan cyber tersebut.

"Bagi semua elemen yang ingin suksesi 2019 berjalan secara jujur adil transparan serta akuntable dan melahirkan produk kepemimpinan yang kredible maka proses dari awal hingga akhir perlu steril dari kecurangan atau bahkan tindak kejahatan melalui dunia cyber dari pihak siapapun," jelasnya.



Sangat Berbahaya

Terpisah, pengamat politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal mengatakan, apapun motifnya, Tim Cyber Mabes Polri harus menyelidiki kebenaran dugaan puluhan hacker asing masuk Indonesia tersebut. Jangan dibiarkan dugaan masuknya hacker asing tersebut menjadi isu liar. Jika benar ada hacker, perlu dilakukan tindakan guna memberikan ketentraman dan kedamaian masyarakat Indonesia.